HMI Desak Pemerintah Nyatakan Wasior Bencana Nasional


.

HMI Desak Pemerintah Nyatakan Wasior Bencana Nasional

Jakarta (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mendesak pemerintah untuk menyatakan banjir bandang di kota Wasior, Papua, sebagai bencana nasional.

Melihat skala bencana dan korban, bencana tersebut bukanlah bencana biasa saja. Banjir di kota Wasior adalah bukan sekedar bencana lokal, melainkan bencana nasional. Presiden harus nyatakan sebagai bencana nasional, kata Ketua Umum HMI Chozin dalam siaran pers yang diterima Antara, Jumat.

Ia mengatakan, Banjir bandang yang menerjang Kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat yang terjadi pada hari Senin (4/10) lalu, berdasarkan laporan data PMI hingga Jumat pagi (8/10) korban tewas mencapai 95 orang.

Selain korban tewas saat ini kasus yang ditangani tim medis antara lain 1.061 orang luka-luka, serta 76 orang hilang dan korban bisa terus bertambah, katanya.

Ia menyesalkan penanganan pemerintah yang lambat dan terlihat kurang serius serta kurang tanggap merespon bencana tersebut.

Di sisi lain, ia menilai pemberitaan media terhadap kasus banjir bandang ini masih lemah, sehingga simpati publik dan pemerintah juga belum terasa.

Untuk itu, menurut dia, pihaknya menyerukan agar pemerintah segera mengumumkan sebagai bencana nasional dan mengharapkan media massa lebih gencar dalam memberitakan sehingga seluruh rakyat Indonesia dapat mengetahui dan memberikan bantuan.

Selain itu, pihaknya juga menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat untuk berbela sungkawa secara nasional terhadap peristiwa tersebut.

Menurut dia, siapapun yang merasa bagian dari bangsa Indonesia pasti prihatin dengan penderitaan yang didera oleh sesama bangsa di tanah Papua.

Bahkan, bangsa Amerika yang lokasinya jauh di sana pun menyatakan keprihatinannya melalui pernyataan Menteri Luar Negerinya, Hillary Clinton, katanya.

Sementara itu, pihaknya saat ini juga mengkoordinir pengiriman bantuan kepada korban bencana di Wasior.

Penyaluran bantuan akan disampaikan oleh perwakilan HMI di Papua, yaitu HMI Badan Koordinasi Cendrawasih yang bekerja sama dengan HMI Cabang Jayapura, HMI Cabang Manokwari, dan HMI Cabang Sorong, katanya.

Your Reply